Laman

Minggu, 05 Mei 2013

Pengertian dan Sejarah Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berperan penting dan sangat berharaga dalam kehidupan kita, karena tanpa adanya Ilmu Pengetahuan tentunya kita tidak akan bisa hidup seperti sekarang ini yang penuh dengan kemajuan. Ilmu Pengetahuan bisa kita dapatkan dengan tidak ada batasnya, intinya secara tidak langsung selama ini kita tidak menyadari kegunaan dan informasi yang berbentuk pengetahuan itu adalah benar.
Mengetahui Sejarah Ilmu Pengetahuan
Agar kita dapat memahami dari makna Ilmu Pengetahuan, maka kita diharuskan untuk mengetahuinya terlebih dahulu sejarah Ilmu Pengetahuan itu sendiri. Karena didunia ini segala sesuatu pasti memiliki sejarahnya, begitu pula dengan Ilmu Pengetahuan yang kita bahas ini.
Sejarah Ilmu Pengetahuan itu berjalan lambat karena harus berevolusi dari waktu ke waktu tidak seperti sejarah sesuatu atau mungkin yang lain akan cepat prosesnya bahkan bisa frontal. Mengetahui sejarah Ilmu Pengetahuan artinya kita tidak bisa lepas dengan perkembangan kita sebagai manusia, karena munculnya Ilmu Pengetahuan itu dari diri kita sendiri, yakni manusia.
Keberadaan Ilmu Pengetahuan pada waktu dahulu di jaman awalnya era kehidupan manusia masih berbaur dengan pengertian mitos, sehingga sulit untuk membedakannya. Akan tetapi waktu demi waktu manusia dapat merasakannya dan mengerti perbedaannya, namun tetap selalu tidak terlepas dari mitos.
Mitos tersebut berkembang Mitologi, yaitu hasil dari peleburan antara mitos dan logos (pengetahuan).
Pengertian Ilmu Pengetahuan
Dalam kamus Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan, yang dimaksud Ilmu Pengetahuan adalah suatu bidang yang disusun yang sistematis berdasarkan metode tertentu, untuk dapat dimanfaatkan sebagai penjelas gejala tertentu. (Admojo, 1998).
Menurut Mulyadhi Kartanegara, yang dimaksud ilmu adalah melebihi sains. Artinya apabila sains hanya terfokus pada bidang pembahasan secara fisik dan inderawi saja, maka ilmu pengetahuan melampui bidang-bidang tersebut, secara metafisika. Semua pendapatnya tertuang dalam kalimat any organized knowledge sebagai definisi ilmu.
Ada beberapa tokoh Ilmu Pengetahuan yang memberi pendapat dan mendefinisikan tentang arti dari Ilmu Pengetahuan, seperti : Mohammad Hatta (Wapres R.I pertama), Karl Pearson, Harsojo, Ashley Montagu, Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag. Juga Afanasyef. Mereka semua memiliki definisi tentang ilmu pengetahuan menurut cara pandang masing-masing.
Dari beberapa pendapat para ahli diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa ilmu pengetahuan adalah dari mana dan bagaimana cara orang memandang suatu masalah serta hukum sebab akibat beserta penyelesaiannya. Sehingga setiap orang yang berdiri dan berkepentingan di bidang sosial, akan memandang ilmu pengetahuan sesuai dengan kepentingan sosial. Sedangkan orang yang berdiri dan berprinsip pada bidang ilmu pasti, akan memandang ilmu atau pengetahuan sebagai sesuatu yang selalu harus dapat dijelaskan secara empiris.
sumber: http://iptek-terbaru.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-sejarah-ilmu-pengetahuan.html

Tidak ada komentar: